cara mencuci mobil

Banyak orang yang mempunyai mobil ingin tau cara merawat mobil mereka dengan benar dan selalu tampak cantik dan terlihat segar. Disini saya akan memberikan tips dan langkah-langkah bagaimana cara mencuci mobil dengan benar :



Siramlah body mobil anda dengan selang yang airnya mengucur di ikuti dengan mengusapkan spon/busa agar tanah yang menempel di body mobil ikut turun dengan kucuran air, langkah ini dilakukan pada seluruh body mobil dan pastikan bahwa tidak ada tanah yang masih menempel di body mobil.
Keringkan seluruh body mobil yang basah akibat proses diatas dengan lap chamois/kanebo.





Lihatlah apakah di body mobil terdapat noda aspal atau semburan cat, bila ya!!! langkah yang dilakukan adalah gosokkan clay pada seluruh body mobil dengan mengamati sampai noda aspal dan cat hilang dari permukaan body mobil (gosokkan clay dengan membasahi air shampo pada bidang yang di clay secara merata sampai body mobil tidak terlihat noda aspal dan terasa halus bila diraba).
Siramlah kembali body mobil dengan air dan dilanjutkan dengan menshampoo seluruh body mobil sampai merata dan bilas kembali body mobil dengan air bersih.
Keringkan kembali body mobil dengan lap kanebo sampai permukaan body mobil terlihat kering dan sebisa mungkin keringkan juga bagian sela-sela bagian mobil dari air yang mengendap (hal ini dilakukan agar tidak timbul karang-karang di bodi mobil nantinya).





Lulurkan WAX pada permukaan body mobil dengan gerakan memutar (bila tidak punya mesin wexer) pada tiap-tiap panel body mobil lalu bersihkan dengan kain microfiber (lakukan peluluran WAX perpanel secara merata lalu di bersihkan dengan kain microfiber sampai terlihat kilap
contoh lulur WAX pada kap mesin lalu dibersihkan berikutnya pintu lalu dibersihkan dan berikutnya-berikutnya............). Peluluran WAX perpanel dimaksudkan agar WAX tidak lengket pada permukaan cat mobil saat dibersihkan dan sulit untuk dibersihkan bila dilulurkan diseluruh body mobil baru di lap.





Bersihkan velg roda dari noda aspal dengan minyak tanah sampai bersih lalu disabun sekalian mensikat roda sampai bersih dan dibilas dengan air bersih lalu dikeringkan dengan lap kanebo (langkah ini dilakukan pada semua roda).
Lulurkan WAX atau bahan pembersih velg pada permukaan velg mobil anda lalu bersihkan dengan kain bersih dan dilanjutkan dengan menyemir roda pakai tire dressing /silikon secara merata dan biarkan sampai kering sendiri.






Bersihkan bagian interior mobil anda dari debu dengan mesin penghisap debu terutama bagian lantai, jok dan bagasi mobil anda. Bila terlihat noda di dasboart dan deck pintu mobil bersihkan dengan multi porpose cleaner (MPC) atau vinyl cleaner secara merata dan jangan lupa pasang perfum dengan bau selera anda.
Bersihkan kaca mobil anda dari noda minyak baik sisi dalam maupun luar dengan cairan pembersih kaca dan di lap dengan kain microfiber, lakukan pada semua sisi kaca mobil anda.





cuci ruang mesin dengan sabun dari noda minyak, debu dan noda lainnya sampai bersih dan bilas dengan air sampai tidak terlihat busa, keringkan dengan angin kompresor (kalau punya bila tidak cukup dengan lap kanebo) lalu semir selang karet dan plastik-plastik sampai terlihat hitam dan keringkan dengan kain, selanjutnya bersihkan dinding ruang mesin dari noda dengan wax sampai terlihat kilap.












Putarilah mobil anda untuk melihat apakah masih ada noda pada body, kaca dan roda mobil anda bila masih ada bersihkan dengankain microfiber.









Bila mobil sudah terlihat bersih dan kilap maka mobil anda sudah siap untuk dipakai beraktivitas.





SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kirimkan pesan, komentar dan pendapat anda di cintamobil@ymail.com

Mesin Pencari cintamobil